FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

PERTANYAAN YANG SERING DI AJUKAN (FAQ)


1. TRX saya pending,tolong di cek


Jika ada TRX pending tidak perlu dikomplainkan, kami di sini tau semua status TRX, gak mungkin juga kami betah TRX pending lama-lama, siapa juga yang gak mau TRX selalu lancar?

Semua TRX pending pasti selalu kami rapikan secepatnya dan Agen sudah mendapat reply sebelumnya bahwa "TRX padat/lambat dari operator", TRX padat artinya pada produk tersebut banyak yang nembak atau memang dari operator sedang tidak stabil (biasanya pada TRX paket data).

Jika pending terlalu lama atau tidak ada reply, maka produk tersebut akan kami CLOSE hingga normal kembali.

Jadi jika ada pending mohon bersabar ya gan.. :)

2. Komplain TRX di propana berapa hari ya?


Di server kami semua komplain hari itu juga diusahakan beres alias dalam hari itu juga dapat laporan dari kami sukses atau direfund.

Sukses artinya memang sudah potong stok dan SN valid, jadi silahkan hubungi CS operator untuk menanyakan kebenaran pengaktifan paket / topup pulsa dengan SN tersebut.

Jadi jangan beranggapan operator pun tidak ada error-nya yaa. Sistem operator juga buatan manusia, pasti ada kesalahan.

Ada beberapa produk untuk komplainnya dari kami harus berhubungan dengan pihak operator, mungkin bisa lebih dari 1 hari, jadi harap maklum (Contoh produk: V9000)
Jika refund artinya kami akan me-refund saldo Anda yang tertahan pada TRX yang dikomplainkan.

Sebaiknya setelah refund jangan tembak lagi dengan kode produk yang sama, karena mungkin memang dari sistem operator tidak bisa mengisi pulsa ke nomor tersebut
Untuk pengecekan TRX sukses max 3 x 24 jam, jadi setelah mendapat laporan sukses segera cek pulsa ke nomor tujuan. Kami rasa waktu 3 x 24 jam sangat lebih dari cukup untuk cek transaksi, lebih dari 3 x 24 jam maaf komplain Anda kami tolak.

Alasannya lebih dari 3 hari data-data dari laporan chip sudah tidak bisa dilacak.

Untuk komplain sendiri harus detail tapi simpel, contoh: tolong cek TRX tgl 15 pulsa 10ribu ke 08123456789 belum masuk.
Khusus pulsa reguler 99% komplain di hari itu juga pasti beres bro...

Dari pengalaman kami,yang sering tidak masuk itu paket data Indosat. Kenapa tidak masuk? Jawabannya pasti ke-UNREG. hehe. .mungkin saat diproses atau terkirim tidak sengaja ke-UNREG user. Jadi jangan sekali-sekali main UNREG sesudah nembak TRX.

3. Tiket deposit saya belum masuk


Jika sudah transfer sesuai nominal dan balasan lebih dari 5 menit belum masuk juga, mohon tunggu, mungkin sistem baca mutasi dari bank sedang error (mutasi bank BRI paling rajin error ..haha ), dan jika sudah normal pasti masuk.

Jika Anda punya rekening bank BCA BNI BRI Mandiri wajib tau jam online baca mutasi nya!
Untuk sistem server kami, sudah kami setting BCA BNI BRI Mandiri online mutasi pukul 02:00 - 22:30
Jadi jika transfer di luar jam tersebut no respond yaa.. Semua akan masuk besok pagi jam 02:00.
Bagaimana jika sudah transfer tapi salah nominal? Silahkan hubungi kami, infokan yang detail, contoh: salah transfer nominal ke BCA 50321 a/n Surahmat kode agen PR2001, tolong di input jadi saldo.

4. Gan, saya sudah transfer tapi lewat dari jam 22:30, sampai pagi saldo belum masuk, tiket malah batal


Masa aktif tiket hanya 2 jam, ambil tiket terus transfer lewat dari jam 22:30, ya jam 02:00 jelas tiket sudah batal, sedangkan server bisa baca mutasi lagi mulai jam 02:00, yang batal tidak akan masuk otomatis setelah jam 02:00.
Untuk kejadian ini tidak perlu komplain, saat jam standby kami mulai jam 07:30, kami akan input manual saldo yang belum masuk.

5. Transaksi saya 08123456789 pending, tolong dibatalkan


Maaf, untuk transaksi yang sudah masuk dan sedang DALAM PROSES tidak bisa dibatalkan.

Alasannya, jika dibatalkan lalu beberapa menit kemudian statusnya sukses, berarti pulsa masuk dan saldo balik, rugi di kami dong,. hehe
Jadi transaksi pending sabar saja, kan sudah dapat reply "TRX padat / lambat dari provider". Kami sih maunya semua TRX wuzz wuzz wuzz..

Kalau gak percaya coba saat pending ketik format : BTL.notujuan.pin Pasti replynya "sedang proses" Dari sistem saja sudah berjaga-jaga agar tidak ada yang saling "rugi"

6. Transaksi pending tapi saldo saya kepotong


Itu namanya bukan dipotong mbak mas bro,.. tapi DITAHAN
Kenapa ditahan? Kalau gak ditahan, dengan bebas dong Agen nembak produk posisi saldo tetap utuh.. Kalo sukses semua, saldo minus, kami dong yang rugi
Saldo ditahan, jika gagal saldo balik, sukses baru deh kepotong, begitu..

7. Gan nembak paket data UNREG dulu gak yang masih aktif?


Provider XL harus UNREG semua (kecuali paket kuota yang sama). Provider Telkomsel tidak UNREG. Provider Three tidak UNREG. Provider Indosat sebaiknya UNREG, kecuali ada keterangan akumulasi.

8. Gan saya salah tembak nomor, laporannya sukses bisa di-refund gak?


Maaf, jika salah nomor dan sukses kami tidak bisa refund, kan itu kesalahan sendiri. Sebaiknya sebelum nembak harap teliti dulu nomor tujuannya.

9. Gan produk ABC kok kosong/gangguan? Kapan ready?


Untuk produk kosong/kehabisan tidak perlu ditanyakan ya bro. Kami pun juga ingin produk selalu ready. Kosong itu biasaya belum dapat ijin stok masuk dari pusat atau dari pusat stok dibatasi, jadi cepat habis.

Kapan readynya? Begitu stok masuk langsung kami open, gak mungkin kan kami timbun stoknya? Hehe

10. Gan kenapa ya IDK2.08512345678.1234 GAGAL. Saat ini nomor tidak dapat diproses provider, coba lagi besok. Saldo Rp.123456


Itu sudah ada keterangannya, kok tanya lagi? Jika ada keterangan begitu awalnya tembakan gagal, dan kami blokir untuk hari itu karena memang tidak bisa diproses oleh PROVIDER.

Kenapa tidak bisa diproses? Bisa jadi nomor dalam masa tenggang atau belum unreg atau pulsa tidak support ke nomor tujuan
Kalau coba lagi besok bisa? Belum tentu, kalau nomor tidak support paket data tertentu, sampai kapanpun tidak bisa, dan tetap akan kami BLOKIR lagi dengan jawaban seperti di atas :)
Kenapa harus diblokir gan? Banyak kejadian yang sudah gagal diulang lagi padahal tidak bisa diisi, dan ujung-ujungnya jadi pending lama lalu komplain pending, kan lebih baik kami blokir saja.

11. Gan Isat data/BB sukses tapi kok belum masuk ya?


Sebelum komplain cek dulu apa laporan suksesnya sudah ada SN : MO-SUPPSERV........
Kalau sudah silahkan langsung hubungi CS Operator Indosat 100 dengan bukti SN itu bahwa mengisi paket data/BB.
Dari kami jika sudah ada SN maka sudah potong stok dan ada pengisian ke nomor tujuan.
90% dari pengalaman kami, sukses ada SN dan tidak masuk itu ke UNREG dari user. Kami tau user dan agen banyak yang via online jual paket, si user UNREG atau agen nembak tidak info dulu. Akhirnya agen nembak dulu, dan si user UNREG paket yg akan diproses, gak masuk deh akhirnya.
Lebih teliti lagi yaa..

12. Gan komplain nomor 08........ status sukses tapi belum masuk, kok saldo kepotong ya?


Semua status sukses pasti saldo kepotong. Oleh karena tidak masuk itu silahkan dikomplain. Begitu komplain pesan segera kami proses. Jika data kami reserved saldo akan kami kembalikan sesuai harga produk (refund).

Tapi jika sistem sedang gangguan atau sibuk, pengecekan agak sedikit lebih lama, tapi tetap kami usahakan max 1 x 24 jam.
Jika dari data kami stok kepotong dan atau SN valid, silahkan lanjut ke CS operator ya gan.

13. Gan harganya kok naik ya?


Kalau modal kami naik masak harga jual gak dinaikin gan, jual rugi dong..
Kami jual harga sesuai pasaran gan, karena kami tau reseller/agen masih menjual lagi ke user, betulkan?
Kami usahakan harga tetap murah, yang penting TRX lancar gan.

14.Gan saya tanya kenapa tidak dijawab ya?


Semua pertanyaan yang sudah ada di menu ini tidak dijawab, baik via center, whatsapp, SMS, kami anggap semua member sudah membaca di sini.
Kenapa tidak dijawab? Karena kami fokus mengurus komplain (jika ada komplain) agar cepat selesai. Kami (Propana) bukan hanya menjual produk murah dan lengkap, tapi pelayanan juga kami utamakan.

Bayangkan jika 1 pertanyaan yang sama ditanya oleh 1000 member, apa gak buang2-buang waktu bagi kami? Waktu yang longgar bagi kami bisa untuk setting/merapikan jika ada pending/mengurus komplain yang masih belum selesai.

Kami ingin member lancar bertransaksi dan kami pun lancar melayani member yang kesulitan.
Jika ada pertanyaan yang belum kami tulis di sini pasti kami balas cepat, dan jika pertanyaan tersebut bakal jadi umum, akan kami update lagi di sini.

15. Gan YM center kok tidak respon ya?


(ini pertanyaan sering sekali di tanyakan) cek koneksi dulu, logout YM nya, atau restart device nya gan, dari sini semua lancar ditandai dengan Agen lain bisa pakai YM centernya (karena kami tau koneksi tiap agen beda-beda).

16. Gan bisa transaksi 2X ke nomor yang sama dan nominal sama?


Sementara belum bisa, karena kebanyakan stok bank, hanya bisa 1X, mau 2X harus tunggu ganti tanggal.

17. Gan saya tanya/komplain via WhatsApp/SMS kok tidak direspon ya?


Komplain/tanya langsung ke CS kami gan, bisa pakai format komplain/YM cs. Kami usahakan semua komplain cepat beres. SMS/WA itu HP pribadi saya gan (owner), jadi slow respon karena banyak kerja urus Agen lokal juga

18. Bersambung


FAQ di atas tidak perlu ditanyain lagi ya bro, rajin-rajin cek di webreport menu

INFO Akan di-update jika masih ada pertanyaan yang sering ditanyain.